Langsung ke konten utama

Gizi Ibu Hamil

Ibu hamil harus lebih memperhatikan keseimbangan gizi dalam makanan yang disantap. diperlukan tambahan 300 kalori dari saat sebelum hamil. Berhenti diet dan santap makanan 4 sehat 5 sempurna dengan porsi yg wajar. Selain menu 4 sehat 5 sempurna, ada beberapa nutrisi tambahan untuk ibu hamil  sbb :

  1. Calcium / Kalsium : kebutuhan embryo / janin akan calcium sangat tinggi, kalo kita gak menambah suplemen yg mengandung calcium maka calcium itu akan di ambil dari tulang kita, akibatnya akan terasa di masa tua kita menderita tulang keropos. Karena itu selama hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi nutrisi yang mengandung calcium seperti susu, yoghurt, tahu, keju, kacang2an kering, almond, buah2an kering, brokoli. Doketr juga akan ngasih resep utk pil / tablet suplemen penambah kalsium.
  2. Iron / Zat Besi : Zat Gizi untuk Ibu Hamil perlu tambahan 30 mg zat bezi setiap hari utk perkembangan bayi maupun kesehatan ibu Hamil. Selain dari vitamin tambahan yg diresepkan dokter, ibu harus mengkonsumsi makanan berikut untuk menambah zat besi : daging, telur, salmon, tahu, buah2an kering, sayuran yg berwarna hijau tua, kacang2an.
  3. Folic Acid / Asam Folat : Untuk ibu yg merencanakan hamil maupun ibu hamil perlu banget tambahan ekstra asam folat sebesar 0.4 mg / hari. Folic acid atau asam folat ini sangat penting dalam gizi untuk ibu hamil, terutama di 3 bulan pertama usia kehamilan untuk membantu pembentukan otak, mengurangi resiko spina bifida.




Minuman dan Makanan untuk Ibu Hamil yang harus dihindari :
Rokok / Nikotine.
Bila anda merokok, berhentilah merokok. Jauhi juga orang yang merokok. Nikotine dari rokok dan CO2 dari asap rokok akan ikut terserap oleh janin. Akibatnya bisa salah satu atau bbrp kejadian berikut :
- Bayi lahir prepatur
- bayi lahir dengan berat kurang
- Bayi sangat peka terhadap SIDS (Sudden infant Death Syndrome)
- Bayi akan menderita asthma dan gangguan pernafasan lainnya

Caffeine .
Anda suka kopi? Kurangi atau jangan minum sama sekali. Kopi dapat mengakibatkan keguguran. Ingat juga caffeine gak hanya terdapat di dlm kopi tapi juga di dalam teh, cola dan bbrp softdrinks yang mengandung caffeine. Coklat juga mengadung caffeine tapi sangat rendah sehingga minum coklat anget atau makan bbrp potong coklat boleh boleh aja.

Alkohol.
Untuk orang indonesia kayaknya point alkohol gak gitu penting karena rata2 orang indonesia gak minum alkohot seperti wine / beer. Pengalaman saya yg tinggal di negara yang apa2 ada toast dengan wine / champagne, minum alkohol utk resepsi adalah kegiatan normal.   Apalagi alkohol bukan sesuatu yg terlarang dalam keyakinan saya.   5 Kali hamil saya icip alkohol (wine / champagne) sekedar syarat saja dalam jamuan makan malam atau acara keluarga.  Maksud saya tulis paragrah tentang alkohol ini utk ibu2 yang baru minum wine dan gak tau kalo hamil.   Gak usah resah, seicip wine, dan sekali saja itu gak apa apa untuk janin,  tapi setelah itu stop alkohol.

Drugs / obat2an.
Ibu hamil gak boleh ngebo-at /ngedrugs, krn akan berakibat bayi prematur, cacat, masalah diemosinya maupun masalah dalam belajar di kemudian hari, sianak juga akan kecendrungan utk ngedrugs saat besar nanti. Selain itu untuk sakit, flu pilek dll, ibu hamil gak boleh sembarang minum obat.  Boleh yang paracetamol atau minta resep dari dokter.

Makanan tertentu.   Selama hamil jangan makan makanan yg berpotensi kena listeriosis maupun toxoplasma karena akan berakibat bayi cacat atau keguguran.  Makanan yg berpotensi   listeriosis dan toxoplasmosis spt :



  • telur mentah maupun makanan  yang mengandung telur mentah (seperti : tiramisu, mousse chocolate dan mousse lainnya, mayonaise, Caesar dressing.
  • daging setengah matang,  ikan mentah (sushi) maupun ikan setengah matang, kerang mentah (oyster misalnya)
  • Keju yg gak dipasteurisasi (Brie, Camembert, blue cheese lainnya), susu non pasteurisasi.
  • Sayuran mentah.  Nah kalo ini, di indonesia dilarang makan sayuran mentah, kalo aku di Prancis tiap hari makan salad, sayuran mentah dan itu malah dianjurkan krn di daun selada, brokoli, dll sayuran hijau  itu banyak asam folat bagus utk ibu hamil.  Kalo di Indonesia mungkin harus diperhatikan kebersihan sayuran mentah itu, harus dicuci dulu dengan air panas dulu kali ya ?
  • Makanan snack seperti hot dog, burger, musti dipanaskan lagi atau disteam lagi untuk mencegah toxo



Sumber: ibujempol.com




Postingan populer dari blog ini

Mitos Vs Fakta Seputar Menentukan Jenis Kelamin Bayi

Kebanyakan cara yang dilakukan orang ketika menebak jenis kelamin bayi adalah melihat bentuk perut ibu hamil. Tapi ada beberapa cara lain yang juga tak biasa dalam menebak jenis kelamin bayi berdasarkan beberapa tanda alamiah. Meski demikian Ultrasonografi (USG) merupakan cara terbaik untuk mendeteksi jenis kelamin bayi dalam kandungan. Beberapa cara di luar USG memang banyak dianggap yang hanya mitos, namun tak sedikit yang terbukti akurat. Beberapa cara alamiah yang tak biasa bisa dilakukan untuk menebak jenis kelamin anak /bayi  (mitos vs fakta) seperti dikutip dari The Sun:

Tips Mengetahui Jenis Kelamin Bayi pada Awal Kehamilan

Bagaimana cara mengetahui jenis kelamin anak atau menentukan jenis kelamin janin/bayi yang dikandung saat hamil tentunya menarik untuk diketahui. Apalagi telah beredar mitos seputar tanda-tanda awal kehamilan akan menentukan jenis kelamin bayi perempuan atau anak laki-laki. Tentu saja tidak bisa sembarangan menebak apa jenis jelamin anak kita ya. Jangan sampai jauh harapan dari kenyataan. Sebenarnya memperoleh anak lelaki atau perempuan bagi saya sama saja. Yang paling penting adalah dengan memahami cara mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung oleh ibu saat hamil maka lebih mudah mempersiapkan kebutuhannya setelah proses melahirkan dan pemberian nama yang sesuai. Selain itu doa saat masih di kandungan juga tepat sasaran. Kita khusuk mendoakan semoga menjadi anak yang solehah karena pingin punya anak perempuan, ternyata yang dilahirkan adalah laki-laki :)